BULETIN
ARTIKEL

Tuesday, 23 June, 2015
JADIKAN BULAN SUCI RAMADHAN SEBAGAI TARBIYAH UNTUK MEMBENTUK KARAKTER PROFESIONALISME APARATUR SIPIL NEGARA

Monday, 8 December, 2014
MAKNA PEGAWAI NEGERI SIPIL BAGI MASYARAKAT

Monday, 7 July, 2014
UPAYA DINI PEMBERANTASAN KORUPSI DENGAN CONTROL SIFAT SESUNGGUHNYA MANUSIA

Monday, 9 March, 2015
MENINGKATKAN EFEKTIVITAS DIKLAT DENGAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN

Tuesday, 4 November, 2014
MEMOTIVASI KOMUNIKASI YANG EFEKTIF DENGAN PESERTA DIKLAT

Tuesday, 14 October, 2014
MEMBANGUN IKLIM BELAJAR YANG KONDUSIF

Wednesday, 10 September, 2014
Meningkatkan Kualitas Pegawai Melalui Pelaksanaan Diklat

Friday, 1 August, 2014
KOMPETENSI WIDYAISWARA YANG EFEKTIF DALAM MELATIH PESERTA

Tuesday, 6 January, 2015
PELANGGARAN DAN KEJAHATAN

Wednesday, 7 January, 2015
POLITIK PERUNDANG-UNDANGAN

Tuesday, 6 January, 2015
PENDIDIKAN DAN PELATIHAN BERBABSIS KINERJA

Tuesday, 2 December, 2014
PENDIDIKAN DAN PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI

Friday, 5 December, 2014
PERANAN MOTIVASI DALAM BEKERJA

Monday, 1 December, 2014
PERUBAHAN POLA PIKIR DENGAN NLP

Monday, 1 December, 2014
Implementasi Tahap Taking Ownership (Breakthrough I) Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III dan Tingkat IV

Wednesday, 1 October, 2014
SERI PELAYANAN PUBLIK MENGENAL PELANGGAN

Wednesday, 1 October, 2014
MENCIPTAKAN AGEN PERUBAHAN

Wednesday, 1 October, 2014
BIROKRASI DALAM PARADIGMA PELAYANAN PUBLIK

Thursday, 4 December, 2014
TRAINING NEED ASSESSMENT (TNA)

Wednesday, 1 October, 2014
MENGATASI HAMBATAN DALAM PERENCANAAN STRATEGIS KEDIKLATAN

Monday, 1 September, 2014
SIAPKAH PERAN TENAGA FARMASI DALAM ERA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DI PUSKESMAS?

Tuesday, 1 July, 2014
KORUPTOR TELAH TERUNGKAP SATU PERSATU

Monday, 6 December, 2010
Berani Bermimpi Besar Sofian

Thursday, 2 December, 2010
Manajemen Pegawai Negeri Sipil yang Efektif

Thursday, 2 December, 2010
Profesionalisme dalam penelitian

PENGUNJUNG
Visitor Statistics
» 1 Online
» 7 Today
» 279 Week
» 724 Month
» 2172 Year
» 2172 Entirely
Record: 82 (22.05.2017)
SARAN


Isi Saran

WEB LINK

MEMOTIVASI KOMUNIKASI YANG EFEKTIF DENGAN PESERTA DIKLAT


Published:Tuesday, 4 November, 2014

Kalau kita harus lebih banyak bicara ketimbang mendengar, kita tentunya punya dua mulut dan hanya satu telinga (Albert Einstein)

 

Betapa indahnya untaian kata yang diungkapkan oleh Albert Einstein tersebut. Maknanya sangat dalam. Dengan memperhatikan ungkapan di atas, kita bisa mengambil makna tentang hakekat proses komunikasi antar sesama manusia,  Pada dasarnya, proses komunikasi dapat tercipta , apabila terjadi perasan suka sama suka atau senang sama senang . Contoh dalam fenomena dpergaulan sehari-hariJuga dari sebagianan besar dari kita lebih banyak ingin didengarkan daripada menjadi pendengar yang baik. Ini bisa kita lihat fenomenanya dalam pergaulan kita sehari-hari. Ketika beberapa orang berkumpul dan ada yang bercerita, seringkali kita melihat peristiwa lucu. Belum selesai seseorang bercerita, ada temannya yang tiba-tiba memotong pembicaraan yang sedang berlangsung dan menggantinya dengan topic yang dia miliki. Kalau demikian, bisa kita pahami bahwa secara umum pada prinsipnya orang menunggu giliran untuk berbicara. Pertanyaannya, mengapa manusia melakukan komunikasi? Secara khusus, dalam konteks pendidikan dan pelatihan (Diklat), Fasilitator akan merasakan betapa pentingnya membangun proses komunikasi yang efektif dengan peserta diklat karena akan berpengaruh terhadap proses pembelajaran di kelas. Apalagi kalau dikaitkan dengan durasi mata diklat yang panjang sementara cara berkomunikasi Fasilitatornya kurang efektif, tentu peserta akan merasa bosan, jenuh, bahkan mungkin peserta diklatnya akan mengantuk atau sibuk sendiri di dalam kelas.

 Download
Rotate Images
Gallery Kegiatan Badan Pelatihan Provinsi Kalimantan Barat