BULETIN
ARTIKEL

Tuesday, 23 June, 2015
JADIKAN BULAN SUCI RAMADHAN SEBAGAI TARBIYAH UNTUK MEMBENTUK KARAKTER PROFESIONALISME APARATUR SIPIL NEGARA

Monday, 8 December, 2014
MAKNA PEGAWAI NEGERI SIPIL BAGI MASYARAKAT

Monday, 7 July, 2014
UPAYA DINI PEMBERANTASAN KORUPSI DENGAN CONTROL SIFAT SESUNGGUHNYA MANUSIA

Monday, 9 March, 2015
MENINGKATKAN EFEKTIVITAS DIKLAT DENGAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN

Tuesday, 4 November, 2014
MEMOTIVASI KOMUNIKASI YANG EFEKTIF DENGAN PESERTA DIKLAT

Tuesday, 14 October, 2014
MEMBANGUN IKLIM BELAJAR YANG KONDUSIF

Wednesday, 10 September, 2014
Meningkatkan Kualitas Pegawai Melalui Pelaksanaan Diklat

Friday, 1 August, 2014
KOMPETENSI WIDYAISWARA YANG EFEKTIF DALAM MELATIH PESERTA

Tuesday, 6 January, 2015
PELANGGARAN DAN KEJAHATAN

Wednesday, 7 January, 2015
POLITIK PERUNDANG-UNDANGAN

Tuesday, 6 January, 2015
PENDIDIKAN DAN PELATIHAN BERBABSIS KINERJA

Tuesday, 2 December, 2014
PENDIDIKAN DAN PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI

Friday, 5 December, 2014
PERANAN MOTIVASI DALAM BEKERJA

Monday, 1 December, 2014
PERUBAHAN POLA PIKIR DENGAN NLP

Monday, 1 December, 2014
Implementasi Tahap Taking Ownership (Breakthrough I) Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III dan Tingkat IV

Wednesday, 1 October, 2014
SERI PELAYANAN PUBLIK MENGENAL PELANGGAN

Wednesday, 1 October, 2014
MENCIPTAKAN AGEN PERUBAHAN

Wednesday, 1 October, 2014
BIROKRASI DALAM PARADIGMA PELAYANAN PUBLIK

Thursday, 4 December, 2014
TRAINING NEED ASSESSMENT (TNA)

Wednesday, 1 October, 2014
MENGATASI HAMBATAN DALAM PERENCANAAN STRATEGIS KEDIKLATAN

Monday, 1 September, 2014
SIAPKAH PERAN TENAGA FARMASI DALAM ERA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DI PUSKESMAS?

Tuesday, 1 July, 2014
KORUPTOR TELAH TERUNGKAP SATU PERSATU

Monday, 6 December, 2010
Berani Bermimpi Besar Sofian

Thursday, 2 December, 2010
Manajemen Pegawai Negeri Sipil yang Efektif

Thursday, 2 December, 2010
Profesionalisme dalam penelitian

PENGUNJUNG
Visitor Statistics
» 1 Online
» 7 Today
» 279 Week
» 724 Month
» 2172 Year
» 2172 Entirely
Record: 82 (22.05.2017)
SARAN


Isi Saran

WEB LINK

DIKLAT PENGAWAS BENIH TANAMAN TERAMPIL LINGKUP PERKEBUNAN TAHUN 2016

Pontianak, (21/11), Badan Diklat Provinsi Kalimantan Barat menyelenggarakan diklat Pengawas Benih Tanaman Terampil Lingkup Perkebunan tahun 2016 yang diikuti oleh Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalimantan Barat yang telah memiliki pengalaman di bidang teknis pengawasan benih tanaman perkebunan, sebanyak 25 orang.

Diklat pengawas benih ini diselenggarakan di Wisma Nusantara Pontianak dari tanggal  21 November s.d. 5 Desember 2016 bertujuan untuk membangun landasan untuk pelaksanaan tugas pejabat fungsional Pengawas Benih Tanaman, menyamakan persepsi terhadap tugas dan fungsi, organisasi, tata kerja dan tata hubungan kerja pejabat fungsional Pengawas Benih Tanaman serta memberikan wawasan berfikir dan bertindak secara komprehensif bagi Pengawas Benih Tanaman.

Pada pembukaan diklat yang dibuka oleh Kepala Badan Diklat, Bapak Drs. Junaidi, MM menyampaikan negara kita adalah negara yang kaya akan hasil alam yang dapat dimanfaatkan di bidang pertanian. Walaupun sebagian besar wilayah Indonesia terdiri dari perairan, namun tidak dapat disepelekan keberadaan aktivitas pertanian. Sebagai negara yang mayoritas penduduknya bekerja pada sektor pertanian, pembangunan sumber daya manusia di bidang pertanian sangatlah penting. Komoditi pertanian yang dihasilkan juga akan tergantung oleh sumber daya manusianya disamping faktor alam. Dalam upaya mempercepat pembangunan pertanian, Kementerian Pertanian telah menetapkan Visi Pembangunan Pertanian Tahun 2015-2019 yaitu terwujudnya sistem pertanian-bioindustri berkelanjutan yang menghasilkan beragam pangan sehat dan produk bernilai tambah tinggi berbasis sumberdaya lokal untuk kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani. Untuk mewujudkan visi pembangunan pertanian tersebut diperlukan sumberdaya manusia pertanian yang tangguh dan profesional.

Lebih lanjut, Kaban Diklat mengatakan bahwa Pengawas Benih Tanaman merupakan salah satu sumber daya manusia pertanian yang berperan penting dalam melaksanakan program-program pembangunan pertanian khususnya dalam penyediaan benih varietas unggul bersertifikat, karena mengawasi mutu benih tanaman sejak proses produksi sampai dengan benih diedarkan sehingga mutunya memenuhi standar dan terjamin sampai ke petani. Upaya peningkatan produksi tanaman pada saat ini lebih diarahkan pada peningkatan produktivitas tanaman dengan penggunaan benih varietas unggul bersertifikat. Pada subsektor perkebunan, penggunaan benih tidak bermutu dan tidak bersertifikat akan berdampak pada menurunnya tingkat produktivitas dan pendapatan petani dalam jangka panjang. Dengan adanya peningkatan beban tugas antara lain komoditas yang ditangani beragam, wilayah kerja yang cukup luas dan tersebar, tuntutan masyarakat pada jaminan mutu makin meningkat dan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan benih unggul bersertifikat diperlukan jumlah Pengawas Benih Tanaman yang memadai dan memiliki kompetensi di bidang tugasnya. Untuk mewujudkan harapan ini, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Badan Pendidikan dan Pelatihan bekerjasama dengan Kementerian Pertanian menyelenggarakan Diklat Pengawas Benih Tanaman lingkup perkebunan untuk tingkat terampil.

Dalam penyelenggaraan diklat Pengawas Benih Tanaman Tingkat Terampil, peserta diklat selain mendapat materi dari para Narasumber yang kompeten dari Balai Besar Pelatihan Pertanian Binuang Kalimantan Selatan, juga aka nada praktek lapangan yang berlokasi di Desa Korek dan Desa Rasau Jaya Kabupaten Kubu Raya.(EW/2016)

Rotate Images
Gallery Kegiatan Badan Pelatihan Provinsi Kalimantan Barat