BULETIN
ARTIKEL

Tuesday, 23 June, 2015
JADIKAN BULAN SUCI RAMADHAN SEBAGAI TARBIYAH UNTUK MEMBENTUK KARAKTER PROFESIONALISME APARATUR SIPIL NEGARA

Monday, 8 December, 2014
MAKNA PEGAWAI NEGERI SIPIL BAGI MASYARAKAT

Monday, 7 July, 2014
UPAYA DINI PEMBERANTASAN KORUPSI DENGAN CONTROL SIFAT SESUNGGUHNYA MANUSIA

Monday, 9 March, 2015
MENINGKATKAN EFEKTIVITAS DIKLAT DENGAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN

Tuesday, 4 November, 2014
MEMOTIVASI KOMUNIKASI YANG EFEKTIF DENGAN PESERTA DIKLAT

Tuesday, 14 October, 2014
MEMBANGUN IKLIM BELAJAR YANG KONDUSIF

Wednesday, 10 September, 2014
Meningkatkan Kualitas Pegawai Melalui Pelaksanaan Diklat

Friday, 1 August, 2014
KOMPETENSI WIDYAISWARA YANG EFEKTIF DALAM MELATIH PESERTA

Tuesday, 6 January, 2015
PELANGGARAN DAN KEJAHATAN

Wednesday, 7 January, 2015
POLITIK PERUNDANG-UNDANGAN

Tuesday, 6 January, 2015
PENDIDIKAN DAN PELATIHAN BERBABSIS KINERJA

Tuesday, 2 December, 2014
PENDIDIKAN DAN PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI

Friday, 5 December, 2014
PERANAN MOTIVASI DALAM BEKERJA

Monday, 1 December, 2014
PERUBAHAN POLA PIKIR DENGAN NLP

Monday, 1 December, 2014
Implementasi Tahap Taking Ownership (Breakthrough I) Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III dan Tingkat IV

Wednesday, 1 October, 2014
SERI PELAYANAN PUBLIK MENGENAL PELANGGAN

Wednesday, 1 October, 2014
MENCIPTAKAN AGEN PERUBAHAN

Wednesday, 1 October, 2014
BIROKRASI DALAM PARADIGMA PELAYANAN PUBLIK

Thursday, 4 December, 2014
TRAINING NEED ASSESSMENT (TNA)

Wednesday, 1 October, 2014
MENGATASI HAMBATAN DALAM PERENCANAAN STRATEGIS KEDIKLATAN

Monday, 1 September, 2014
SIAPKAH PERAN TENAGA FARMASI DALAM ERA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DI PUSKESMAS?

Tuesday, 1 July, 2014
KORUPTOR TELAH TERUNGKAP SATU PERSATU

Monday, 6 December, 2010
Berani Bermimpi Besar Sofian

Thursday, 2 December, 2010
Manajemen Pegawai Negeri Sipil yang Efektif

Thursday, 2 December, 2010
Profesionalisme dalam penelitian

PENGUNJUNG
Visitor Statistics
» 1 Online
» 6 Today
» 278 Week
» 723 Month
» 2171 Year
» 2171 Entirely
Record: 82 (22.05.2017)
SARAN


Isi Saran

WEB LINK

DIALOG INTERAKTIF DALAM RANGKA HARI ULANG TAHUN PEMERINTAH DAERAH PROVINSI KALIMANTAN BARAT KE 60 TAHUN 2017

Pontianak, 21 Februari 2017 bertempat di Aula Keriang Bandong Bank Indonesia Cabang Pontianak, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Kalimantan Barat menyelenggarakan Dialog Interaktif dengan tema Implementasi Revolusi Mental Dalam Harmonisasi Berbudaya di Kalimantan Barat.

Kegiatan Dialog Interaktif ini dibuka oleh Wakil Gubernur Kalimantan Barat,  Bapak Drs. Christiandy Sanjaya, SE, MM. Dalam sambutannya beliau berpesan, Pertama agar kita selalu memperhatikan kualitas sumberdaya, karena  sehebat apapun produk yang diciptakan oleh manusia jika karya tersebut ditangani oleh manusia dengan salah kaprah maka hasil yang didapat  tidak akan membawa pada kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu peningkatan kemampuan sumber daya manusia mutlak dilakukan.  Sumber daya manusia yang dimaksud disini tentunya manusia yang punya karakter khas Indonesia, sumberdaya manusia yang Pancasilais yaitu manusia yang bertakwa, berkepribadian matang, punya rasa kebangsaan, berwawasan global, demokratis dan toleran serta manusiawi. Kedua,  berkaitan dengan situasi politik yang saat ini menghangat yang berpotensi memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa, seluruh warga bangsa diharapkan untuk dapat mengedepankan nilai-nilai ke-Indonesiaan dalam menyelesaikan segala persoalan. Adapun Musyawarah untuk mufakat bisa menyelesaikan segala perbedaan bangsa ini. Mari kita menekankan agar semua pihak bisa berpikir positif menyelesaikan segala perbedaan melalui musyawarah sehingga bisa kembali focus membangun negeri ini, membangun Indonesia. Membangun Kalimantan Barat   dalam suasana kerukunan. Ketiga, Indonesia merupakan keluarga besar NKRI dengan beragam suku bangsa, adat istiadat dan budaya, meskipun berbeda beda kita tetap bersaudara yaitu saudara sebangsa dan saudara setanah air. Mari kita tetap pertahankan bentuk negara NKRI ini dengan Pancasila sebagai Dasar Negara dan pedoman hidup bangsa

Dalam Dialog Interaktif ini menghadirkan Narasumber Rektor IPDN Jatinangor, Bapak Prof. DR. Ermaya Suradinata, SH. MH. MS dan dihadiri oleh perwakilan dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah SKPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, Bupati/Walikota, Akademisi, Mahasiswa, Organisasi Kewanitaan serta LSM terkait berjumlah 200 orang.

Dialog interaktif  ini merumuskan beberapa poin yang dapat dijadikan pedoman kita dalam menjaga harmonisasi berbudaya di Kalimantan Barat, antara lain : 1) Revolusi Mental berawal dari gagasan visioner Proklamator Bangsa, Ir. Soekarno, yang terbukti relevansinya dalam konteks kekinian, dimana karakter bangsa menjadi sumber kekuatan Bangsa Indonesia dalam menghadapi berbagai isu strategis  baik dalam skala global maupun nasional guna mempertahankan eksistensi dalam peradaban antar bangsa. 2) Revolusi Mental adalah Gerakan pembangunan moral dan etika KEHIDUPAN  yang dilakukan secara komprehensif, integral dan holistik oleh seluruh komponen bangsa Indonesia dengan cara penerapan dan pengamalan nilai etika agama, budaya, dan sosial kemasyarakatan sebagai nilai-nilai dasar kehidupan individu dan nilai dasar Pancasila sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku untuk menciptakan kreativitas dan inovasi kerja dalam persaingan globalisasi (Ermaya, 2014). 3) Perombakan  cara berpikir, cara kerja dan cara hidup dalam kerangka revolusi mental akan membentuk praktek hidup baru yang dilandasi INTEGRITAS, KERJA KERAS dan GOTONG ROYONG sehingga selaras dengan TRISAKTI dan semangat kemajuan serta tuntutan revolusi nasional. 4) Penerapan Revolusi Mental sebagai strategi pembangunan karakter bangsa diilakukan dengan Analisis ASOCA (Ability/Kemampuan, Strength/Kekuatan, Opportunity/Kesempatan dan Agility/Kecerdasan). Hasil analisa ASOCA menunjukkan pentingnya kesadaran dan penghayatan terhadap falsafah luhur dan jatidiri bangsa, agar Indonesia bisa berhasil menghadapi tantangan eksternal dan internal.

 

 


 

 

 

 

 

Rotate Images
Gallery Kegiatan Badan Pelatihan Provinsi Kalimantan Barat