BULETIN
ARTIKEL

Tuesday, 23 June, 2015
JADIKAN BULAN SUCI RAMADHAN SEBAGAI TARBIYAH UNTUK MEMBENTUK KARAKTER PROFESIONALISME APARATUR SIPIL NEGARA

Monday, 8 December, 2014
MAKNA PEGAWAI NEGERI SIPIL BAGI MASYARAKAT

Monday, 7 July, 2014
UPAYA DINI PEMBERANTASAN KORUPSI DENGAN CONTROL SIFAT SESUNGGUHNYA MANUSIA

Monday, 9 March, 2015
MENINGKATKAN EFEKTIVITAS DIKLAT DENGAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN

Tuesday, 4 November, 2014
MEMOTIVASI KOMUNIKASI YANG EFEKTIF DENGAN PESERTA DIKLAT

Tuesday, 14 October, 2014
MEMBANGUN IKLIM BELAJAR YANG KONDUSIF

Wednesday, 10 September, 2014
Meningkatkan Kualitas Pegawai Melalui Pelaksanaan Diklat

Friday, 1 August, 2014
KOMPETENSI WIDYAISWARA YANG EFEKTIF DALAM MELATIH PESERTA

Tuesday, 6 January, 2015
PELANGGARAN DAN KEJAHATAN

Wednesday, 7 January, 2015
POLITIK PERUNDANG-UNDANGAN

Tuesday, 6 January, 2015
PENDIDIKAN DAN PELATIHAN BERBABSIS KINERJA

Tuesday, 2 December, 2014
PENDIDIKAN DAN PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI

Friday, 5 December, 2014
PERANAN MOTIVASI DALAM BEKERJA

Monday, 1 December, 2014
PERUBAHAN POLA PIKIR DENGAN NLP

Monday, 1 December, 2014
Implementasi Tahap Taking Ownership (Breakthrough I) Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III dan Tingkat IV

Wednesday, 1 October, 2014
SERI PELAYANAN PUBLIK MENGENAL PELANGGAN

Wednesday, 1 October, 2014
MENCIPTAKAN AGEN PERUBAHAN

Wednesday, 1 October, 2014
BIROKRASI DALAM PARADIGMA PELAYANAN PUBLIK

Thursday, 4 December, 2014
TRAINING NEED ASSESSMENT (TNA)

Wednesday, 1 October, 2014
MENGATASI HAMBATAN DALAM PERENCANAAN STRATEGIS KEDIKLATAN

Monday, 1 September, 2014
SIAPKAH PERAN TENAGA FARMASI DALAM ERA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DI PUSKESMAS?

Tuesday, 1 July, 2014
KORUPTOR TELAH TERUNGKAP SATU PERSATU

Monday, 6 December, 2010
Berani Bermimpi Besar Sofian

Thursday, 2 December, 2010
Manajemen Pegawai Negeri Sipil yang Efektif

Thursday, 2 December, 2010
Profesionalisme dalam penelitian

PENGUNJUNG
Visitor Statistics
» 1 Online
» 20 Today
» 50 Week
» 276 Month
» 403 Year
» 403 Entirely
Record: 47 (29.11.2017)
SARAN


Isi Saran

WEB LINK

JAMBORE INOVASI KALIMANTAN DI BANJARBARU TAHUN 2017

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Kalimantan Barat menghadiri kegiatan Jambore Inovasi Kalimantan (JIK) di Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan pada tanggal 2 Agustus s.d 6 Agustus 2017. Sebelumnya, pada tahun 2016 kegiatan Jambore Inovasi Kalimantan diadakan di Tanjung Selor Provinsi Kalimantan Utara.

Kegiatan Jambore Inovasi Kalimantan merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun dan merupakan puncak dari kegiatan Kompetisi Inovasi Pasca Diklatpim III dan IV Kalimantan (SINOPADIK). SINOPADIK adalah ajang kompetisi bagi para alumni Diklat Kepemimpinan, baik Tingkat III dan IV di wilayah Kalimantan yang secara konsisten melanjutkan inovasi/proyek perubahan selama lebih dari 6 bulan setelah berakhirnya Diklat Kepemimpinan. Tujuan utama dari SINOPADIK adalah untuk mendorong keberlanjutan atau kontinuitas proyek perubahan para alumni diklat kepemimpinan. Selain itu, SINOPADIK juga mempromosikan dan mendorong replikasi dari inovasi terbaik para alumni diklat kepemimpinan. Program SINOPADIK digelar setiap tahun dan menghasilkan 5 inovasi terbaik dari para alumni diklat kepemimpinan di Kalimantan. SINOPADIK dikelola oleh Bidang Diklat Aparatur Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur (PKP2A) III Lembaga Administrasi Negara (LAN) Samarinda.

Rangkaian kegiatan JIK 2017 dimulai dengan kegiatan presentasi dan penilaian 15 finalis SINOPADIK pada hari Senin, 2 Agustus 2017, bertempat di BPSDM Provinsi Kalimantan Selatan. Penilaian terhadap 15 finalis SINOPADIK dilakukan oleh Deputi Yanlik KEMENPAN-RB, Deputi Kajian Kebijakan LAN RI, serta Deputi SDM Kantor Pusat Universitas Gadjah Mada.

Di hari kedua, diadakan Pertemuan Forum Komunikasi Bandiklat/BPSDM Kalimantan (FKBK) di BPSDM Prov. Kalsel. Pertemuan FKBK tentu menjadi kesempatan emas bagi mereka untuk berkumpul dan berdiskusi tentang pengembangan kapasitas ASN se-Kalimantan. Apalagi BPSDM selaku pembina kepegawaian serta pelaksana kediklatan untuk seluruh pegawai negeri sipil seakan mendapat tantangan dari PP No. 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, dimana salah satu pasalnya membahas tentang pengembangan kompetensi pegawai negeri sipil selama 20 jam dalam setahun. Hal tersebut tentu cukup berat, baik dari segi anggaran untuk mendiklatkan pegawai negeri sipil yang begitu banyak di daerah masing-masing, serta waktu pelaksanaan serta jenis Diklat yang dilaksanakan. Berbagai ide tercetus agar bisa memenuhi PP No. 11 Tahun 2017, diantaranya mulai melaksanakan e-Learning dalam pembelajaran Diklat, serta pelaksanaan berbagai Bimtek dan workshop sesuai kebutuhan para pegawai negeri sipil di daerah masing-masing.

Selain pertemuan FKBK, ada juga Talk Show Diseminasi Inovasi Pelayanan Publik pada tanggal 4 Agustus 2017, dengan pembicara Kepala LAN RI, Walikota Palangkaraya dan Kemendagri. Dalam talkshow tersebut, Kepala LAN RI menyampaikan bahwa munculnya gagasan ide seperti lumut yang tumbuh subur di musim penghujan. Tidak hanya dari pimpinan tapi seluruh staf harus terlibat dalam berinovasi. Kuncinya kesuksesan sebuah inovasi itu adalah leadership, pemimpin atau kepala daerah.

Setelah selesai acara talk show, dilanjutkan dengan acara pembukaan kegiatan JIK yang dibuka oleh MENPAN-RB di Lapangan Murjani Banjarbaru. Dalam sambutannya, MENPAN-RB, Asman Abnur, menyampaikan dukungan dan dorongan Kalimantan untuk percepat perbaikan kualitas pelayanan publik. Dalam seremoni ini, Kepala LAN RI, Adi Suryanto, menyerahkan lima penghargaan kepada seluruh Gubernur Se-Kalimantan sebagai bentuk apresiasi. Gubernur Kalimantan Barat, dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah, Dr. M. Zeet Hamdy Assovie, MTM, menerima penghargaan tersebut. Tak hanya memberikan piagam penghargaan kepada para Gubernur se-Kalimantan, LAN RI juga memberikan Penghargaan Peduli ASN kepada lima Walikota/ Bupati terbaik se-Kalimantan yang langsung diserahkan oleh MENPAN RB. Untuk kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Barat, penghargaan diberikan kepada Bupati Landak yang diwakilkan oleh Asisten III.

Dalam kesempatan itu, MENPAN-RB yang didampingi oleh Kepala LAN RI, menyerahkan Tropi Penghargaan Borneo Innovation Awards kepada lima pemenang SINOPADIK. Para pemenang Borneo Innovation Awards adalah:

1.   Muhammad Alfath, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kota Palangka Raya

2.   Endy Kurniawan, Kelurahan Lingkas Ujung Kota Tarakan

3.   Triyuni Astuti, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan

4.   Ariadi Noor, Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan

5.   Yopie Indra Pribadi, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pontianak.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat bersama BPSDM Provinsi Kalimantan Barat mendukung penuh kegiatan JIK ini dengan mendirikan booth stand dalam pameran JIK di Lapangan Murjani Banjarbaru. BPSDM menampilkan berbagai jenis inovasi yang sudah diciptakan oleh alumni Diklatpim dalam bentuk banner/spanduk. Selain itu, BPSDM juga menyuguhkan berbagai macam cendera mata khas Kalimantan Barat yang bisa dibeli dan dinikmati oleh pengunjung. Pameran JIK ini dijadikan satu dengan Kalimantan Selatan Expo, bertepatan dengan HUT Pemda Kalimantan Selatan.

Pelaksanaan Jambore Inovasi Kalimantan akan dilaksanakan setiap tahun dengan lokasi penyelenggaraan pada Tahun 2018 akan dilaksanakan di Provinsi Kalimantan Barat.

Rotate Images
Gallery Kegiatan Badan Pelatihan Provinsi Kalimantan Barat