BULETIN
ARTIKEL

Tuesday, 23 June, 2015
JADIKAN BULAN SUCI RAMADHAN SEBAGAI TARBIYAH UNTUK MEMBENTUK KARAKTER PROFESIONALISME APARATUR SIPIL NEGARA

Monday, 8 December, 2014
MAKNA PEGAWAI NEGERI SIPIL BAGI MASYARAKAT

Monday, 7 July, 2014
UPAYA DINI PEMBERANTASAN KORUPSI DENGAN CONTROL SIFAT SESUNGGUHNYA MANUSIA

Monday, 9 March, 2015
MENINGKATKAN EFEKTIVITAS DIKLAT DENGAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN

Tuesday, 4 November, 2014
MEMOTIVASI KOMUNIKASI YANG EFEKTIF DENGAN PESERTA DIKLAT

Tuesday, 14 October, 2014
MEMBANGUN IKLIM BELAJAR YANG KONDUSIF

Wednesday, 10 September, 2014
Meningkatkan Kualitas Pegawai Melalui Pelaksanaan Diklat

Friday, 1 August, 2014
KOMPETENSI WIDYAISWARA YANG EFEKTIF DALAM MELATIH PESERTA

Tuesday, 6 January, 2015
PELANGGARAN DAN KEJAHATAN

Wednesday, 7 January, 2015
POLITIK PERUNDANG-UNDANGAN

Tuesday, 6 January, 2015
PENDIDIKAN DAN PELATIHAN BERBABSIS KINERJA

Tuesday, 2 December, 2014
PENDIDIKAN DAN PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI

Friday, 5 December, 2014
PERANAN MOTIVASI DALAM BEKERJA

Monday, 1 December, 2014
PERUBAHAN POLA PIKIR DENGAN NLP

Monday, 1 December, 2014
Implementasi Tahap Taking Ownership (Breakthrough I) Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III dan Tingkat IV

Wednesday, 1 October, 2014
SERI PELAYANAN PUBLIK MENGENAL PELANGGAN

Wednesday, 1 October, 2014
MENCIPTAKAN AGEN PERUBAHAN

Wednesday, 1 October, 2014
BIROKRASI DALAM PARADIGMA PELAYANAN PUBLIK

Thursday, 4 December, 2014
TRAINING NEED ASSESSMENT (TNA)

Wednesday, 1 October, 2014
MENGATASI HAMBATAN DALAM PERENCANAAN STRATEGIS KEDIKLATAN

Monday, 1 September, 2014
SIAPKAH PERAN TENAGA FARMASI DALAM ERA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DI PUSKESMAS?

Tuesday, 1 July, 2014
KORUPTOR TELAH TERUNGKAP SATU PERSATU

Monday, 6 December, 2010
Berani Bermimpi Besar Sofian

Thursday, 2 December, 2010
Manajemen Pegawai Negeri Sipil yang Efektif

Thursday, 2 December, 2010
Profesionalisme dalam penelitian

PENGUNJUNG
Visitor Statistics
» 3 Online
» 15 Today
» 49 Week
» 503 Month
» 5749 Year
» 5749 Entirely
Record: 84 (04.07.2017)
SARAN


Isi Saran

WEB LINK

PEMBUKAAN DIKLAT ANALISIS KETAHANAN PANGAN DAN DIKLAT MANAJEMEN PERENCANAAN STRATEGIS DI PROVINSI KALIMANTAN BARAT TAHUN 2017

Pontianak, Senin, 21 Agustus 2017, kegiatan Diklat Analisis Ketahanan Pangan dan Diklat Manajemen Perencanaan Strategis resmi dibuka oleh Gubernur Kalimantan Barat, Drs. Cornelis, MH di Hotel Mercure Pontianak.

Dalam sambutannya, Gubernur menyampaikan bahwa dimasa lalu, Indonesia mampu mencatat prestasi sebagai negara swasembada beras dan bahkan keberhasilan swasembada beras tersebut mampu mengantarkan Indonesia mendapatkan penghargaan dari lembaga dunia. Yang terjadi pada saat ini Indonesia menjadi salah satu negara yang menggantungkan kebutuhan pangannya dari impor seperti beras, kedelai, jagung, gula dan daging sapi. Hal ini akan berlanjut terus apabila tidak ada “revolusi” dalam bidang pertanian. Masih ada peluang yang sangat terbuka bagi Indonesia untuk bangkit kembali agar mampu memenuhi sendiri kebutuhan pangan nasionalnya, diperlukan evaluasi mendasar serta pengambilan kebijakan yang terintegrasi, baik antar sektor, pembenahan manajemen tatakelola maupun penerapan teknologi.

Gubernur sangat menyambut baik jika ada masyarakat yang melakukan diversifikasi pangan dan kemudian memperkenalkan pangan lokal yang ada di daerah kepada masyarakat luas dan mengangkat  citra  pangan  lokal  sebagai  makanan  yang  dapat dikonsumsi pada semua lapisan masyarakat, yaitu  dengan cara menyediakan komoditas pangan aneka pangan lokal dan olahannya, sayuran serta aneka buah sehingga aneka pangan lokal sebagai alternatif pangan sumber karbohidrat, masyarakat dapat mengkonsumsi pangan lokal dan juga meningkatkan kesejahteraan petani kecil disamping juga mengenalkan dan membudayakan pola  makan  dengan  menu  B2SA  (beragam,  bergizi,  seimbang,  dan  aman)  kepada masyarakat.

Kepada peserta Diklat Analisis Ketahanan Pangan, Gubernur berpesan dengan ikutsertanya para  aparat  di lingkungan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se Kalimantan Barat dalam diklat analisis ketahanan pangan ini, selain dapat meningkatkan kompetensi aparat dalam melakukan analisis ketahanan pangan sebagai dasar perumusan kebijakan pembangunan ketahanan pangan ke depan,  diharapkan juga untuk dapat memberikan kontribusi positif serta bekerja cepat demi mewujudkan ketahanan pangan yang diinginkan.

Terkait dengan Diklat Manajemen Perencanaan Strategis, Gubernur mengatakan bahwa rencana strategis diperlukan sebagai upaya untuk mengantisipasi sekaligus merespon berbagai tuntutan dan kondisi riil masyarakat yang berjalan dengan cepat sesuai perubahan yang terjadi di daerah. Hal ini penting karena rencana strategis merupakan akumulasi berbagi tujuan yeng hendak dicapai  baik tujuan jangka pendek, menengah maupun jangka panjang yang berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Oleh karena itu, Gubernur berpendapat keikutsertaan dalam Diklat Manajemen Perencanaan Strategis ini menjadi sangat penting dalam rangka meningkatkan pengetahuan aparatur, dapat menerapkan ilmu yang didapat dan benar-benar mampu membuat dan menyusun perencanaan strategis dilingkungan kerjanya masing-masing, sehingga betul-betul sesuai dan dapat mendukung keberhasilan pembangunan di Provinsi Kalimantan Barat dan tidak ada lagi program atau kegiatan yang melenceng dari visi dan misi yang telah ditetapkan.

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 21 s.d 25 Agustus 2017 ini diikuti oleh 30 peserta Diklat Analisis Ketahanan Pangan dan 30 peserta Diklat Manajemen Perencanaan Strategis yang berasal berbagai instansi di lingkungan pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalimantan Barat.

Rotate Images
Gallery Kegiatan Badan Pelatihan Provinsi Kalimantan Barat