BULETIN
ARTIKEL

Tuesday, 23 June, 2015
JADIKAN BULAN SUCI RAMADHAN SEBAGAI TARBIYAH UNTUK MEMBENTUK KARAKTER PROFESIONALISME APARATUR SIPIL NEGARA

Monday, 8 December, 2014
MAKNA PEGAWAI NEGERI SIPIL BAGI MASYARAKAT

Monday, 7 July, 2014
UPAYA DINI PEMBERANTASAN KORUPSI DENGAN CONTROL SIFAT SESUNGGUHNYA MANUSIA

Monday, 9 March, 2015
MENINGKATKAN EFEKTIVITAS DIKLAT DENGAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN

Tuesday, 4 November, 2014
MEMOTIVASI KOMUNIKASI YANG EFEKTIF DENGAN PESERTA DIKLAT

Tuesday, 14 October, 2014
MEMBANGUN IKLIM BELAJAR YANG KONDUSIF

Wednesday, 10 September, 2014
Meningkatkan Kualitas Pegawai Melalui Pelaksanaan Diklat

Friday, 1 August, 2014
KOMPETENSI WIDYAISWARA YANG EFEKTIF DALAM MELATIH PESERTA

Tuesday, 6 January, 2015
PELANGGARAN DAN KEJAHATAN

Wednesday, 7 January, 2015
POLITIK PERUNDANG-UNDANGAN

Tuesday, 6 January, 2015
PENDIDIKAN DAN PELATIHAN BERBABSIS KINERJA

Tuesday, 2 December, 2014
PENDIDIKAN DAN PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI

Friday, 5 December, 2014
PERANAN MOTIVASI DALAM BEKERJA

Monday, 1 December, 2014
PERUBAHAN POLA PIKIR DENGAN NLP

Monday, 1 December, 2014
Implementasi Tahap Taking Ownership (Breakthrough I) Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III dan Tingkat IV

Wednesday, 1 October, 2014
SERI PELAYANAN PUBLIK MENGENAL PELANGGAN

Wednesday, 1 October, 2014
MENCIPTAKAN AGEN PERUBAHAN

Wednesday, 1 October, 2014
BIROKRASI DALAM PARADIGMA PELAYANAN PUBLIK

Thursday, 4 December, 2014
TRAINING NEED ASSESSMENT (TNA)

Wednesday, 1 October, 2014
MENGATASI HAMBATAN DALAM PERENCANAAN STRATEGIS KEDIKLATAN

Monday, 1 September, 2014
SIAPKAH PERAN TENAGA FARMASI DALAM ERA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DI PUSKESMAS?

Tuesday, 1 July, 2014
KORUPTOR TELAH TERUNGKAP SATU PERSATU

Monday, 6 December, 2010
Berani Bermimpi Besar Sofian

Thursday, 2 December, 2010
Manajemen Pegawai Negeri Sipil yang Efektif

Thursday, 2 December, 2010
Profesionalisme dalam penelitian

PENGUNJUNG
Visitor Statistics
» 1 Online
» 19 Today
» 40 Week
» 354 Month
» 6802 Year
» 6802 Entirely
Record: 84 (04.07.2017)
SARAN


Isi Saran

WEB LINK

PEMBUKAAN DIKLAT DASAR MANAJEMEN PENANGGULANGAN BENCANA DAN DIKLAT TEKNIK PRESENTASI DI LINGKUNGAN PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN BARAT TAHUN 2017

Pontianak, Senin, 30 Oktober 2017, kegiatan Diklat Dasar Manajemen Penanggulangan Bencana dan Diklat Teknik Presentasi di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2017 secara resmi dibuka oleh Kepala BPSDM Provinsi Kalimantan Barat, Ir. Anggraito, MM.

Dalam sambutannya, Kepala Badan menyampaikan bahwa pemerintah pusat, dalam hal ini BNPB RI tidak akan mampu sendirian untuk berperan aktif dalam penanggulangan bencana tanpa dukungan dan kinerja dari aparatur baik provinsi maupun kabupaten / kota, apalagi pemerintah daerah merupakan garda depan dalam penanggulangan bencana di tanah air.

Diklat Dasar Manajemen Penanggulangan Bencana ini merupakan pelatihan yang bersifat manajerial, di mana para peserta akan dibekali dengan berbagai pengetahuan dasar penanggulangan bencana yang wajib diketahui sebagai pondasi bagi pelaksanaan tugasnya, untuk kemudian disosialisasikan di instansi maupun masyarakat di sekitarnya. Melalui Diklat Dasar Manajemen Penanggulangan Bencana ini diharapkan para peserta diklat akan memperoleh peningkatan keterampilan manajerial dalam penanggulangan bencana yaitu diantaranya pencegahan, mitigasi, kesiapsiagaan, tanggap darurat dan pemulihan, rehabilitasi dan rekonstruksi, pengelolaan logistik dan peralatan serta membekali para aparatur yang bertugas di lingkungan Provinsi Kalimantan Barat dengan pengetahuan mengenai perencanaan dalam penanggulangan bencana.

Kepala Badan sangat menyambut baik dilakukannya diklat ini karena sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk membekali aparaturnya dengan ilmu pengetahuan secara intensif, terstruktur dan terencana, yang mana salah satunya adalah melalui diklat kebencanaan, baik diklat teknis maupun manajerial sebagaimana pada pelatihan manajemen dasar penanggulangan bencana yang diselenggarakan di Provinsi Kalimantan Barat ini. Apalagi kegiatan ini merupakan kegiatan yang kedua yang dilaksanakan di Kalimantan Barat, hal ini menunjukan bahwa Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat sangat serius menyikapi persoalan kebencanaan yang ada di Kalimantan Barat, dan Kepala Badan juga berharap pasca pelatihan ini peserta mendapatkan bekal dengan semakin meningkatnya pengetahuan, pemahaman khusus pada manajemen penanggulangan bencana baik pada Pra Bencana, masa tanggap darurat bencana, maupun pada masa pasca bencana sehingga pengurangan resiko bencana akan tercapai.

Terkait dengan diselenggarakannya Diklat Teknik Presentasi, Kepala Badan menyampaikan bahwa diklat ini dalam rangka mendukung kinerja organisasi. Selama ini masih sering ditemukan adanya “kegalauan” ketika seorang aparatur diharuskan untuk mempresentasikan apa yang akan, sedang dan telah dilakukan berkaitan dengan kegiatan organisasinya. Masih ada terlihat bahwa ada aparatur yang grogi atau tidak percaya diri ketika mempresentasikan kegiatannya didepan umum, hal ini bisa dimaklumi karena kepedulian terhadap kemampuan untuk dapat presentasi didepan umum tidak disadari sejak awal, pentingnya kemampuan ini baru dirasakan perlu ketika seseorang telah dewasa dan bekerja. Yang jelas, melakukan presentasi sering membuat banyak orang merasa khawatir. Bahkan ketakutan untuk melakukan presentasi kadang kadang sering mengalahkan ketakutan pada hal lainnya.

Kepala Badan menambahkan salah satu contoh dalam melakukan presentasi yang mungkin tidak diketahui oleh peserta adalah bahwa, membuka presentasi dengan baik merupakan langkah awal kesuksesan sebuah presentasi karena audience cenderung mengingat lebih baik apa-apa yang paling awal mereka lihat dan dengarkan. Pembukaan yang baik akan menarik perhatian audiens. Apa yang disampaikan di awal ketika membuka presentasi akan menjadi informasi yang paling diingat. Tidak hanya itu, keberhasilan membuka presentasi akan memudahkan Anda untuk melanjutkan sebuah presentasi. Hal ini tidak banyak yang tahu, oleh karena itu dilaksanakannya diklat ini bermaksud agar para ASN tahu bagaimana menampilkan suatu ide, gagasan, pemikiran kemudian mempresentasikankanya kepada orang lain. Sehingga diharapkan peserta diklat mampu melakukan presentasi dan terampil berbicara di depan umum secara percaya diri dan nyaman, mampu menghidupkan segala sesuatu yang dikatakan, penuh pengaruh serta bersifat alami, mampu menemukan strategi yang canggih untuk mengatasi pertanyaan, serta masukan dari orang-orang yang kritis.

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 30 Oktober s.d 3 November 2017 ini diikuti oleh 30 peserta Diklat Dasar Manajemen Penanggulangan Bencana dan 30 peserta Diklat Teknik Presentasi yang merupakan PNS di lingkungan pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.

Adapun narasumber dari kedua diklat tersebut berasal dari Sekretariat Negara, BNPB, LAN RI, BPBD Prov. Kalbar, serta BSPDM Prov. Kalbar.

Rotate Images
Gallery Kegiatan Badan Pelatihan Provinsi Kalimantan Barat